02 October 2009

Terang Bulan = Negaraku ?

Saia baru saja mendapat info dari OM SURYA kalau di Indonesia lagi heboh-heboh nya mempermasalah kan Malaysia menjiplak lagu Negaraku.
disini, disana dan dimana-mana

ckckckck.

heboh kali negaraku indonesia tercinta ini mau-mau nya di bodohin oleh orang intelek (yang mengaku intelek maksud nya).

saia semalam dipertunjukkan oleh Om Surya Buku tentang Malaysia.
yang  isi nya sangat2 mengejutkan.

Yang dibicarakan oleh seseorang d TVRI.
ntah mungkin namanya Remy Silado (Dok Detikcom) yang mengatakan ditemukan piringan Hitam lagu Terang Bulan dengan Tahun 1956.
yang berarti Malaysia (1957) belum merdeka pada tahun ituh.

ckckckckckk.


Tapih pada kenyataan nya yang saia baca di buku.
judulnya Malaysia di situ jelas tertulis.
Bahwa Lagu Terang Bulan memang di sadur musik nya dari karya De Beranger (Francis). Yang kemudian di sadur kembali menjadi Lagu Negaraku.


pada jaman Malaysia masih belum merdeka. Sultan Perak (yang pada waktu itu sultan perak cukup berpengaruh di Malaysia.) Paduka Seri Sultan Muzaffar Shah ibni Al-Marhum Sultan Mahmud Shah. (kalau saia tak salah tulis).


di asingkan di sebuah tempat di negara prancis. dan selama di asingkan. Sultan perak tersebut sangat suka dengan laku yang sering di nyanyikan tentara perancis pada waktu itu karya De Beranger.
Sultan Perak pun berupaya memainkan lagu tersebut dengan biola dan membuat lirik Terang Bulan.


Pada Tahun 1988 Pemerintah Inggris (masih jaman Ratu Victoria, Ibunya Ratu Elizabet) Mengundang Sultan Perak untuk menghadiri pertemuan dan tentunya masing-masing perwakilan membawakan lagu Kebangsaan Negara mereka.

Yang pada akhirnya Sultan Perak (pada waktu itu sangat berpengaruh besar terhadap pemerintahan Malaysia) menyanyikan lagu Negaraku yang di ubah dari Lagu TERANG BULAN yang MELODI nya dari Karya De Beranger.


Mungkin yang di katakan Pak Remi Silado ditemukan Piringan Hitam Lagu Terang Bulan di Jogja pada Tahun 1956 ituh adalah hadiah dari Bung Karno kepada Sultan Perak yang pada waktu itu sangat suka sekali dengan Lagu Terang Bulan.


Beugh,

jadi, kita tak perlu repot-repot ikutan orang-orang Intelek yang tidak ada kerjaan ituh untuk heboh dan suka sekali meneriak kan "Ganyang" buku yang saia baca itu telah ada sebelumnya.
sebelum orang-orang heboh dnegan persamaan lagu ituh.
coz lagu itu asal muasal nya telah jelas di dalam buku Malaysia

0 comments:

Post a Comment

Pup comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...