06 August 2012

Serba Serbi Pempek

Tiba tiba kepengen ngeposting tentang aneka ragam empek-empek atau pempek, buat membuka jendela wawasan tetangga di luar daerah sumatera selatan bahwa pempek tidak sekedar satu jenis atau dua jenis yang biasa mereka tau.
*cieeh mulia banget kan missi saya*
saya ini asli dari palembang, jadi gengsi doong kalo saya ndak menguasai dunia per-pempek-an. hehe

Empek- empek atau pempek  adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. (source: wikipedia)

Wujud aneka macam pempek:


1.Pempek pistel ( isinya pepaya muda, yang biasa di pake buat sayur )

2.Pempek kulit ( terbuat dari kulit ikan, karna lebih banyak pake kulit ikan makanya warna pempek agak gelap )

3.Pempek tahu ( pempek yang ada tahu nempel di setengah bagian pempeknya *bentuk mirip2 somay )

4.Pempek keriting ( bentuknya keriting, entah gimana yang buat ngeritinginnya saya gak ngerti )


5.Pempek Lenjer ( pempek polos aja tanpa isi, kalo di malaysia ini kurang lebih kayak adonan lekor )

6.Pempek telor atau pempek kapal selam kecil ( isi dalemnya telor, kalo di warung-warung depan sd suka jualan pempek telor dengan harga miring yaah, dlu jaman saya SD banyak yg bilang itu isi telur nya udah di campur sama gandum sama pewarna kuning biar gak rugi *gosip emak2* hehee)

7.Pempek adaan ( dari ikan dicampur sama bawang dan santan kelapa )
(source : blog orang )

berhubung orang palembang terlalu kreatif nih, terkadang buat pempek gak cuma dari sagu, tapi dari gandum juga bisa. ada yang namanya Pempek Godo Godo (pempek dari gandum campur sayur sayuran)

sumber penampakan disini

Yang ini namanya Pempek otak otak atau biasanya orang manggilnya "otak-otak" aja, pempek nya bungkus pake daun pisang trus di panggang, adonannya empuk2 gimana gitu, kayaknya bahannya mirip2 pempek adaan. Jangan tanya kenapa namanya otak-otak padahal bentuknya gak mirip otak pun. hohoho.
bisa jadi dinamakan demikian karna texture nya yg empuk, lembut2 gimana gitu kayak texture otak. *siapa tauu kan yah*


ada lagi yang jenis panggang pangganan atau di bakar namanya Pempek Panggang atau biasa di sebut Pempek Isi atau Pempek Belah, biasanya tengahnya di belah trus di kasih ebi / dried shrimp / udang kering + kecap + cabe buat pedes nya



Kalo pempek yang di celup pake telor kayak martabak namanya Pempek Lenggang. Pempek Lenggang sendiri ada dua versi, yang goreng sama yang di panggang kayak otak-otak.
ini wujudnya :


Nah kalo kalian pernah denger yang namanya Pempek Kapal Selam. itu pempek telor ukuran jumbo, maka disebut lah kapal selam. entah apa hubungannya dengan kapal selam, padahal bentuknya gak mirip kayak kapal selam, dan kapal selam pun tidak bertelor. cukup tuhan dan yang nyiptain namanya yg tau.
ini penampakannya:

Dan semua pempek pempek ini dimakan dengan kuah yang namanya "CUKO". dibuat dari air, gula merah, bawang putih, cabe, dan asam jawa) 
ini penampakan nya



akhir kata, alangkah baiknya jika andai menjumpai toko pempek atau pergi ke palembang, coba jenis jenis pempek yang telah saya rekomendasi kan.


Sekian info kuliner dari saya, salam empek empek :)
eh anyway, walaupun telat, yaah late better than never ya. minal aidin walfaizin selamat menjalankan ibadah puasa and happy coming soon ied fitri :)

2 comments:

inshonia said...

*closetab* tar malem kunjungin balik deh. wassalam. (-.-)v

Vera "Bubun" Chan said...

adaaa makanan yang baru loooh.
hahahaa

Post a Comment

Pup comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...