28 October 2012

Booking tiket murah dengan airasia


Well, this time i'm gonna make a tutorial complete with screen-shoot how to book flight with cheaper price  especially airasia ( Cara booking tiket murah dengan airasia ). Dari pada booking dengan travel agen kita bisa kena cas mulai dari 30ribu sampe 100ribuan, mending booking sendiri. apalagi kalo kalian punya Credit Card, Click BCA atau CIMB click. Hal perintal perintil yang kecil ini nih yang suka ngebuat harga tiket pesawat yang tadinya murah meriah malah jadi lebih mahal dari harga tiket biasanya. Maka demikian saya mau berbagi tips biar gak dikibulin airasia dengan pernak pernik nya yang gak terlalu di perlukan. yuk cekidot...

Pertama, buka website nya airasia, pasti tau kan ya mana mungkin gak tau. www.airasia.com then akan kluar tampilan seperti ini :


 (Klik Gambar Untuk Memperbesar)


Cari dari mana anda akan berangkat dan destinasi tujuan anda, one way or return, tanggal keberangkatan dan pulang nya, jumlah penumpang. kalau sudah klik search buat liat harga tiketnya.



Keluar harga tiketnya, pilih pilih di pilih mana yang murah dan tanggalnya fleksibel dengan jadual anda.
kemudian centang lah kolom kecil dan continue seperti di bawah ini :

 Oke-in aja lah


 Isi contact detail yang nge-booking. yang ada tanda bintangnya wajib di isi ya.. trus klik next


Kalo yang ngebooking juga yang akan berangkat, centang kolom kecil di atas yang di merahin buat menghemat waktu mengisi biodata nya. Kalo mesenin tiket orang lain ya jangan di centang, isi lagi details nya. Untuk travel dokumen (no passport dan lain lain) boleh gak di isi kalau lupa atau belum punya passport, later kita ngisi detail passport nya pada waktu check-in online. Tapi make sure kalau nama traveler yang udah di isi itu akan sama dengan nama di passport. Kalo enggak, yaah bisa panjang urusan..



Naah ini yang ngebedain airasia dengan yang lainnya kenapa bisa murah. BAGASI TERKECUALI. So, bijak bijak lah dalam memilah bagasi. Sekiranya anda tidak memerlukan bagasi, cuma bawa tas ransel/koper kecil sama tentengan satu, sebaiknya untuk tidak booking bagasi dan letak barangnya di cabin aja. Tapi ingaaat !!! kalo airasia yang di Kuala Lumpur, mereka straigthly / dengan sangat ketat nimbangin koper kecil / tas ransel anda, kalau sekiranya nampak agak besar dan itu tidak boleh lebih dari 7KG. Pulang dari jalan jalan, buat cari aman niih boleh laah kalian booking bagasi yang 15kg kalau takut khilaf belanja. hehehe
Yang lainnya kayak KIT COMFORT dan RED CARPET itu gak terlalu perlu jadi gak usah di centang. Oh ya FYI kalau airasia tidak memberikan fasilitas makanan gratis, kalau mau makan kalian harus beli. CLEAR ? ok next.



Kalau udah dengan urusan bagasi, selanjutnya urusan tempat duduk. Airasia otomatis akan memilihkan kita tempat duduk dan kita juga bisa memilihnya kalau gak suka, BUT YOU HAVE TO PAY. milih bangku/seat kita akan dikenakan cas sebesar 36ribu rupiah. REMOVE aja mendingan, jangan khawatir gak kebagian bangku, nanti sewaktu kita check-in kita akan di kasih nomer kursi kok. Kalau udah di remove nih akan jadi seperti gambar di bawah ini niih :

 Klik confirm and continue kalau sudah di remove seat nya.


 Klick OK



 Nah ini satu INSURE / ASURANSI yang suka tiba tiba nongol gak bisa di cancel dan ngebuat harga tiket kita jadi mahal tanpa disadari. Perlahan dan hati hati pas di bagian yang ini yaah. simak betul betul. KLIK CANCEL di dekat yang saya kasih kolom merah. Selanjutnya akan tampil seperti dibawah ini :


Naah ini niih bagian yang amat amat amat menjebak. sekali lagi KLIK CANCEL, bukan OK. kalau sebelumnya untuk ngeremove kursi kita klik ok, kalau yang ini kita harus KLIK CANCEL lagi.



Udah berhasil ? Kalau berhasil akan nongol seperti di bawah ini nih template nya ::
Kalau sudah ke cancel asuransi nya, coba cek lagi bill di sebelah kanan mu, masih ada gak tuh tulisan other services fee insure. Kalau sudah ya continue.


Ini juga gak perlu, Klik CONTINUE aja langsung. Tiap airport pasti disana ada bus shuttle atau bus menuju kearah pusat kota kok, jadi kita bisa bebas memilih bus mana aja. gak perlu kasak kusuk nyariin bus nya si airasia. NEXT...


Kalian akan di hadapkan dengan TUNE TALK sim-card. gak perlu khawatir, di continue aja gak perlu checklist kolom nya. Kita bisa dapet sim-card secara gratis kok di airport tapi gak ada pulsa di dalem sim-card nya. Ok continue...



 Okeeh kali ini kita beralih ke payment kalian cek lagi summary bill, flight date, name of traveler de el el biar gak terjadi kesalahan dan penyesalan di akhir. Setelah ready untuk membuat payment, silahkan di bayar. Jikalau kalian gak ada jenis jenis pembayaran dibawah.....



 ===============================================================

Kalau saya tidak salah yaa, kartu BNI, MANDIRI dan kawan kawan nya juga mensupport pembayaran Airasia tiket melalui ATM. In case kalian gak punya Credit Card, klik BCA ataupun CIMB Click. maka ikutlah step saya yang satu ini... KLIK CIMB NIAGA CLICKS yang tertera di gambar atas, maka anda akan mendapatkan hasilnya begini..

 Klik "click here to proceed" KALAU kalian ada cimb clicks, tapi kalau gak ada seperti yang saya bilang tadi maka klik kotak merah yang ada tulisan click here . Kalau sudah nanti akan muncullah seperti ini:


Akan ada tulisan booking number dengan tulisan "NEED PAYMENT", jumlah yang harus di bayar dan batas waktu pembayaran. Maka segeralah catat nomer booking dan jumlah yang harus di bayar, anda bergegaslah ke ATM untuk menuntaskan nya (web sudah boleh di close). Nanti kalau sudah di bayar, anda silahkan balik lagi ke homepage www.airasia.com nanti diatasnya ada tulisan MANAGE MY BOOKING masukkan yang dimintanya, dan lihat status reservation anda, kalau berhasil akan ada tulisan SUCCESSFUL dan silahkan cek di email yang sudah anda isi sewaktu booking tadi.



NOTE:
- Jangan lupa check-in ONLINE minimal satu hari sebelum berangkat, dikarenakan airasia akan memberikan charge bagi yang check-in di kaunter.
-  Kalau anda tidak membeli bagasi, langsung ke imigrasi aja, gak perlu ke kaunter lagi. Lain hal nya yang ada bagasi, silahkan ke kaunter untuk drop koper anda sebelum ke imigrasi.
-  Jangan lupa print BOARDING PASS nya yaaah. Sebenernya bisa sewaktu check-in online, minta send barcode nya ke handphone, nanti dari handphone tinggal di scan di kios-k airasia nya. Tapi kalau bingung mending print aja deh, cuma 500perak juga siih.


Update:
- soal cancel insurance airasia
Perhatiin baik-baik kata-kata nya. Soalnya airasia suka ganti-ganti. kemarin dia buat notif nya kayak gini "are you sure you want to cancel insurance? click cancel if you don't want to have insurance" berarti kita harus klik "Cancel" untuk gak pake insurance.
Tapi baru2 ini saya liat dia tukar lagi kata-kata nya jadi "are you sure want to cancel your insurance? click ok to cancel the insurance" naah berarti kita harus klik button OK bukan CANCEL.P okoknya perhatiin aja tulisan pop-up nya. bukti udah ke remove insurance nya akan nongol pilihan "No.Thank you" di bagian insurance nya berarti kita sudah berhasil buang insurance nya

- soal metode pembayaran
Sekarang sudah tidak bisa lagi bayar tiket airasia dengan atm, untuk indonesia - luar negeri, airasia hanya menerima CC (credit card), click BCA dan CIMB click.
sebaliknya dari luar negeri ke indonesia, airasia menerima CC, CIMB Click, Maybank2u, dan beberapa bank lokal malaysia.


Demikianlah tutorial yang lumayan panjang ini, smoga bermanfaat. Last but not least, have a nice trip :)


30 comments:

Anonymous said...

Pembayaran lewat atm BNI gimana caranya???

Vera "Bubun" Chan said...

itu ada step nya saya kasih tau di dua gambar terakhir

Unknown said...

maaf...kalo bayar via ATM mestinya ada PaymentCode/KodeBayar tapi kok saya gk nemu yaa?? Trus bayar di ATM nya gimana? 'coz cuman dapet kode booking doank.....Thanks..

Vera "Bubun" Chan said...

kalo kemarin kemarin masih bisa pake via ATM isty.
tapi ternyata setelah saya cek ulang lagi, skrg udah gak bisa. cuma bisanya pake BCA sama CIMB Click doang.

Unknown said...

gw udah klik untuk ga pake insurancenya, tapi pas cek in online,kok dia tetep ngeyel nyuruh pake insurancenya ya? kalo kita ga klik biaya penambahan insurance itu,dia ga akan continue ke proses selanjutnya.haduuh gimana dong?masa harus bayar insurance jg?

Vera "Bubun" Chan said...

bisa kok. perhatiin kata2 nya. soalnya airasia suka ganti2. kemarin dia buat notif nya kayak gini "are you sure you want to cancel insurance? click cancel if you don't want to have insurance" bbrti kita harus klik Cancel untuk gak pake insurance.
tapi baru2 ini saya liat dia tukar lagi kata2nya jadi "are you sure want to cancel your insurance? click ok to cancel the insurance" naah berarti kita harus klik button OK bukan CANCEL. pokoknya perhatiin aja tulisan pop-up nya. bukti udah ke remove insurance nya akan nongol pilihan "No.Thank you" di bagian insurance nya berarti kita sudah berhasil buang insurance nya.

Unknown said...

kalo kita rutenya dr KL kan dia mata uangnya pake MYR, trus saya ga ada kartu kredit, tp bni card nya ada logo master cardnya n ada data seperti d kartu kredit. kira2 bs tdk y saya melakukan pembyaran dengan memasukan no kartunya?

terima kasih

Vera "Bubun" Chan said...

@tommi chen: kamu kuliah apa kerja di malaysia? kalo ada visa student/pekerja mending buat account bank malay deh. card nya bisa jadi creditcard reload soalnya (ada uang dalem accountnya bisa d pake buat creditcard, langsung kepotong gitu). soalnya setahu saya bank di indo belum canggih kayak disini, bank card sama creditcard, kartu nya masih kepisah.

maksud ada tulisan mastercard/visa itu buat kalo kita mau narik atm kemana pun bisa selagi di kotak atmnya ada logo yang kayak di bank card kita. gitu.
jadi intinya gak bisa dipake buat pembayaran kecuali creditcard :)

---------- said...

ga bisa lagi bayar lewat ATM ya d air asia ?
wahh ga seru

Vera "Bubun" Chan said...

iyah gak seru banget kan ya

Unknown said...

kakaa kalo bayarnya pake klik BCA punya orangtua dan orangtua saya ga ikut dalam perjalanan, bisa saya pake untuk membayar tiketnya ga ka?
terimakasih

Vera "Bubun" Chan said...

bisa dong dek tyas. saya juga sering pake bca klik temen kalo mau booking dari indo ke malay.

Unknown said...

wahh terimakasih kakaa.. informasinya sangat membantu.

Unknown said...

kakaa klo bayar pake atm BCA ga bisa ya?? atau harus pake klik BCA? terimakasih

Vera "Bubun" Chan said...

gak bisa kayaknya lewat atm. cuma bisa lewat click BCA sama CIMB click doang. peraturan airasia berubah ubah mulu sih. hehehe

Anonymous said...

kakaak.. bayar pake mandiri internet banking gimana ya caranya? ga ada pilihan air asia di internet mandiri web nya :(
saya sudah punya token dan regist debitnya.

Vera "Bubun" Chan said...

sayang sekali emang gak bisa. airasia cuma partnership e-banking nya sama bca dengan cimb doang. coba deh kamu ke travel agent terdekat. biasanya kena processing fee 30-60ribu rupiah.

Unknown said...

kakak,,bayar tiket via klikbca bisa gak klo blm connect sama keybcanya?

Vera "Bubun" Chan said...

wah gak ngerti saya prosedur klikbca. nanti intinya pas kamu mau bayar bca, hrus msukin TAC number yang bca kasih. gitu

Annisa Nurul Aziza said...

mau tanya dong, kira-kira batas waktu pembayarannya sampai berapa hari ya kalau dari nge-booking tiket? makasih :)

Vera "Bubun" Chan said...

2jam dari waktu booking. akan ada batas waktunya kok di keterangan sebelah tulisan need payment

Anonymous said...

mbak admin, misal lebih dari 2jam waktu booking blm dibayar, otomatis data2 yg dimasukkan sebelumnya akan hilang?

Vera "Bubun" Chan said...

iyes.. harus buat bookingan yang baru

Unknown said...

Aku ada cimb click trus kemarin aku nyoba booking online semua udah berjalan sesuai petunjuk tapi pas terakhir suruh masukin yac account aku gak paham nomor apa itu tolong beri penjelasan..thanks sebelumnya

Unknown said...

Kemarin aku nyoba cara itu dan berjalan lancar tapi pas terakhir buat pembayaran ada satu kolom masukkan YAC account..nomor apa itu aku gak paham nomor apa yang perlu dimasukkan..tolong beri penjelasan ya mbak terima kasih sebelumnya....

Vera "Bubun" Chan said...

maaf ya dewo baru nengok blog. TAC kali maksudnya bukan YAC. itu nomer verification code yang akan di kirim oleh cimb click ke nomer handphone kamu (kalo aku sih di kirim via sms) tapi ada juga yang pake device/token gitu. biasanya nomer TAC ada 6digit. lebih tekhnisi nya lagi cb kamu ke cimb nya tanya.

Unknown said...

Mbak..klo pke kartu kredit kna cas brp?

Vera "Bubun" Chan said...

Lumayan mahal kayakny kena cas.. cb aja main iseng2 gtu book sampe pas pembayarannya.
coba contact nih ada temen gue jual tiket. kl msih bingung cara booknya gimana.
trusted seller --> www.facebook.com/fadli.nurhasan

rhien nastitie said...

Kak , kalo kita boked tapi blm bayar krn blm ke debet dari credit card , masih bisa di cancel ga ya ? Makasih

rhien nastitie said...

Kak kalo kita udh boked masih bisa di cancel g ya ? Tapi di credit card blm ke auto debit .. makasih

Post a Comment

Pup comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...