06 February 2012

Kelantan Cuisine

Hai all, how's your holiday??
saya menghabiskan liburan di kelantan, malaysia. disana saya tinggal di rumah temen sekelas, orang kelantan pastinya. and good damn! kerjaan sayaa liburan seperti liburan pada umumnya. makan, jalan, nonton, tidur *eeh??*


orait, sesuai dengan judul nya i will give some information about kelantan cuisine yang first time saya makan. quite unique.
kalo kalian pecinta makanan laut, naaah kelantan tempat yang sangat bagus untuk hunting, selain di borneo, perlis *ini aja yg saya tau*


dimulai dari makanan yang berat berat dlu ya..
ada yang namanya



LAWA


kalo dalam bahasa melayu sih artinya cantik, tapi ini nama makanan kalo di kelantan. bentuk nya cantik kah? *enggak*
makanan jenis apa itu?
lawa adalah makanan yang dibuat dari ikan tanpa dimasak, alias mentah *omaigat, itu sushi kah?* *bukan sodara*
berdasarkan apa yang saya liat dan amati, ikan mentah di buang tulang belulangnya, tinggalin dagingnya aja trus di cincang dan di rendam dengan limau sampai warna dagingnya memutih (secara ilmu turun temurun *ceilah* dipercayai bahwa daging ikan tersebut di anggap masak akibat dari air limau tadi).
abis itu baru lah di campur sama dedaunan seperti bunga kuantan dan lain sebagainya. rasa nya asem asem hangat gimanaaaa gitu, karna air limau dan bunga kuantan itu. berhubung nyari gambarnya susah banget,
kira kira gini lah ilustrasi gambarnya, cuma ga pake tulang aja




pendapat saya tentang si lawa ini ???
huhm.. ini makanan favorit keluarga temen saya itu, tapi meskipun saya pemakan segala, tapi saya gak terlalu suka dikarenakan ada beberapa sayur yang saya gak suka dengan bau dan rasanya. nah si bunga kuantan itu ada lah makhluk tumbuh tumbuhan yang tidak saya sukai rasanya.. dan satu lagi adalah daun ketumbar yang amat saya benci.



*udah yang berat berat yang aneh ini aja. oh iya, for your information. kerabu yang di jual di luar kelantan sama yang dikelantan agak beda ternyata*


lanjut ke yang ringan ringan.
Kelantan itu gudang nya cemilan kalo kata saya, yah kalo di indo mirip mirip bandung lah. jajanannya seabrek.


AKOK

kue khas kelantan yang kalo lagi bulan puasa terkenal banget dari ujung sampe ke ujung pasar beduk pasti rame yang jual, tapi kalo lagi gak bulan puasa.. ooh langka nya ini kue..
rasanya manis manis lembut gitu. kayaknya di buat dari telor deh.. *sok tau*



APOM


ini mirip itu looh, kalo di kampung saya biasa nyebutnya martabak kacang. tapi si APOM ini biasa isinya campuran jagung, kacang, dan gula. rasanya manis, yaah kayak martabak kacang. ada juga yang nyebutnya terang bulan. ini kue yang paling terkenal di pasar malem. pasti rame yang jual ginian.




ETAK


etak itu kalo bahasa indonesianya remis *entah bener kah*
etak biasa di jual di pasar malam dan tempat makanan lainnya dan siap saji. praktis kayak kacang goreng, tinggal kupas dan makan. hehhee




MARTABAK


martabak di malaysia sama di indonesia beda kawan. kalo di indo ada telor dan kentang gitu dan di cocol pake kari. kalo di malay ada telor dan kari ayam/daging di dalamnya, dan di cocol pake cuka makan+bawang gitu, warna saos nya pink kemerah merahan boleh juga kalo mau minta kuah kari sih (tapi harus di minta, kalo gak dikasih standarnya saos pink itu)




bikin ngiler gak????
heheheehee sengaja :p


well, buat additional information aja. orang melayu disini biasanya/ selalunya/ kebanyakannya makan pake tangan langsung, gak pake garpu gak pake sendok *kecuali makan sup sup-an gitu*
jadi yaaah jangan heran aja yak. kalo menurut saya ada benefitnya juga makan gak pake sendok, mengurangi cucian piring. hehehee


adios amigos.. bon voyage !!! happy travel !!!




0 comments:

Post a Comment

Pup comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...